Cara Memijahkan Lele

Indukan Lele
Cara memijahkan lele - pemijahan lele bersama-sama sanHat mudah dan gampang. Dan cara memijahkan lele antara beberapa jenis ikan lele bail lele sangkuriang, lele dumbo maupun lele phyton tidak ada perbedaan. 

Ada beberapa cara memijahkan lele dan cara tersebut tentunya memiliki kekurangan dan kelebihaan. Dengam menentukan cara memijahkan lele yang sempurna dan benar maka Basil dari pemijahan kita akan sukses serta mendapat benih yang anggun dan berkualias. Maka artikel ini untuk sedikit membantu cara memijahkan lele yang bail dan benar.
Untuk pemijahan lele ada 4 cara dan cara tersebut antara lain :

1. Pemijahan lele seara alami.

Cara Memijahkan Lele secara alami memang sangat di anjurkan biar kondisi indukan dapat terus berproduksi telor secara kontinyu dan berkualitas. Untuk pemijahan lele secara alami memang di perlukan keahlian dan ketepatan dalam menentukan indukan yang sudah matang gonad.

2.Pemijahan lele dengan penyuntikan hormon perangsang.

Cara Memijahkan Lele jenis ini memang terbilang mudah dan tidak ada resiko kegagalan. Selain itu penggunaan hormone perangsang juga tidak memerlulan donor ikan. Karena kematangan gonad dapat di pacu dengan pertolongan suntikan hormone perangsang. Saat ini hormone yang di gunakan untuk merangsang prose's pemijahan lele yang banyan di jual antara lain ovaprim dan chorulon.

Proses kerja dari hormon perangsang pemijahan lele yaitu dengan mempengaruhi kerja dari kelenjar hifofisa yang berfungsi merangsang pertumbuhan dan pematangan sel telur. Untuk takaran penyuntikan hormone perangsang ini yaitu 0,3 - 0,5 mm perkilo gram berat indukan lele. Apabila indukan lele seberat 2 kg maka takaran yang di berikan sekitar 0, 6 - 1 mm.

Untuk teknik penyuntikn hormone perangsang usahakan jantan dan betina di until semua.

3.Pemijahan lele dengan cara in vitro.

Cara Memijahkan Lele ini dimana pembuahan dilakukan oleh insan di mana sel telur dimasukan kedalam wadah atau tabung. Teknik ini memerlukan tingkat ketelitian dan keahlian yang tinggi. Cara ini memang banyak yang tidak menguasai. Tahapan dalam pemijahan lele dengan in vitro antara lain :
- indukan jantan di bunuh dan diambil spermanya.
- indukan betina terlebih dahulu di suntik hormone perangsang.
- urut bab perut indukan betina dan usahan del telur dapat keluar tuntas.
- taruh sel telur kedalam mangkuk
- lalu campur sperma dan sel telur.
Untuk lebih detail dapat di NACA di artikel selanjutnya.

4. Pemijahan lele dengan penyuntikan hipofisa.

Cara Memijahkan Lele dengan hipofisa sama dengan pemijahan yang lainnya. Cuma untuk pemijahan ini di perlukan ikan donor. Tujuan dari ikan donor ini untuk diambil kelenjar hipofisa yang bertujuan sebagai penambah ransangan pada ikan lele.

Demikian artikel wacana Cara memijahkan ikan lele. Semoa artikel yang sedikit ini dapat bermanfat.
Baca juga wacana Peluang Bisnis Budaya ikan lele

Subscribe to receive free email updates: