Pembuatan Bak Terpal

Pembuatan Kolam Terpal

Penggunaan bak terpal untuk budidaya ikan memang telah mnjadi tren. Karena dalam budidaya ikan, media bak memiliki peranan yang penting.

Ada beberapa laba dalam memakai bak terpal sebagai media. Selain pembutannya simpel juga dalam hal pengawasan dapat lebih mudah.

Penggunaan bak terpal untuk budidaya ikan memang telah mnjadi tren Pembuatan Kolam Terpal
Untuk menciptakan bak sebagai media budidaya ada beberapanhal yang perlu di perhatikan. Dalam proses pembuatan, tahapan tahapan yang harus di lalui diantaranya :

- persiapan lahan

Alasan penggunaan bak terpal salah satu yakni alasannya yakni keterbatasan laham. Dan untuk memulai sebuah budidaya lahan menjadi faktor penentu tingkat keberhasilan.

Sebelum memulai menciptakan bak dari terpal, hal yang perlu di perhatikan yakni persiapan lahan. Lahan yang baik untuk budidaya yakni lahan yang sesuai dengan syarat syarat akan penntun lahan. Hal yang di perhatikan diantaranya :
- pembuangan limbah air gampang
- jauh dari pemukiman
- jauh dari pembuangan air limbah rumah tangga
- dan tidak tertutupi oleh bangunan alias lahan langung dapat terkena sinar matahari.

2. Tentukan jumlah bak terpal yang akan di buat

Setelah kita mengetahui akan luas dari lahan yang akan kita buat unyik sebagai daerah bak terpal selanjutnya kita mentukan jumlah bak lele yang akan kita buat.

Ideal dalam sistem budidaya seharusnya kita minimal memiliki dua bak terpal dengan alasan apabila di ketika sudah mulai proses penyotiran mka fungsi dari kedua bak terpal yakni satu untuk ikan yang cepat berkembang dan satu untuk daerah ikan yanhg susah berkembang.

3. Tentukan ukuran kolam

Setelah mengetahui luas lahan langkah selanjutnya yakni memilih luas bak terpal yang akan di buat. Semisal luas lahan ada 8 x 8 maka bak luas bak terpal yang di buat sebesar 7 x 7 untuk dua kolam. 

Tujuan tidak membangun seluruh luas lahan alasannya yakni kita membutuhkan daerah untuk disaat pemberin paka. Teknik derma pakan yang baik yakni merata.

4. Menentukan kebutuhan terpal

Ada beberapa ukuran ukuran terpal yng ada di pasaran. Makara penentuan pembuatan bak jug harus memperhatikan ukuran ukuran terpal yang ada di pasaran.

Ukuran ukuran terpal ang ada di pasaran antara lain ;
- Terpal ukuran 2x 1
- Terpal ukuran 3x4
-  Terpal ukuran 5x6
- Terpal ukuran 6x8
Dan lain sebagainya. 

Semisalnya adi kita akan membangun luas lahan dengan luas 7 x 7 maka kebutuhan akan terpal sejumlah 9x9,dan di tengah 2 di buatkan sekat pemesiah semoga menjadi 2 kolam

- pembuatan bak terpal

* ratakan tanah  dan salah satu pojok bak di buat lebih cekung tujunnya semoga di ketika pemanenan maka ikan akan berkumpul di atas cekungan tersebut.

* pemangan paralon dengan tujuan untuk membuang air di ketika panen atau di ketika akan mengganti air.

* pembuatan tepian bak dengan maksud semoga ada penahan di ketika bak terpal di isi air maka tekanan bak dapat di tahan dengan tepian kolam. Untuj tepian bak bis di buat dengan bambu, kayu atau tanah yang dileyakan di lauar sebagai sandaran terpal dan penahan air.

Demikian artikel yang sedikit ini semoga dapat membantu para pembudidaya Ikan dalam hal pebuatan bak terpal.

Pembuatan Kolam Terpal


Subscribe to receive free email updates: